S2 Psikologi Sains UNY menggelar Webinar Series bertajuk Isu Terkini dan Aplikasi Psikologi Positif

Dunia psikologi mengalami perkembangan pesat pada beberapa dekade terakhir. Ditandai dengan lahirnya gerakan Psikologi Positif yang dipelopori oleh Martin Seligman di penghujung tahun 1990 an. Berangkat dari kegelisahan Martin Seligman yang menilai bahwa kajian psikologi sering diwarnai dengan topik negatif tentang manusia, akhirnya profesor Universitas Pennsilvania yang sekaligus pernah menjabat sebagai presiden American Psychological Association ini mulai bergerak atas dasar pemikiran bahwa manusia tidak hanya dapat dipelajari dari sisi negatifnya, akan tetapi lebih menekankan pada potensi positif yang dimiliki.

Buku berjudul Authentic Happiness: Using the New Positive Psychology to Realize Your Potential for Lasting Fulfillment yang ditulis oleh Martin Seligman menerangkan bahwa kebahagiaan autentik berasal dari hasil penilaian diri atau hasil mengidentifikasi dan menumbuhkan kekuatan fundamental yang berkaitan dengan emosi positif manusia. Buku tersebut sekaligus menjadi perbincangan baru di dunia psikologi dengan konsep utama yang dirumuskan oleh Martin Seligman tentang kebahagiaan otentik (authentic happiness) dan mengalami perkembangan hingga saat ini.

Sejalan dengan perkembangan baru di dalam dunia psikologi tersebut, S2 Psikologi Sains UNY memfokuskan diri pada kajian Psikologi Positif. Fokus kajian tersebut diwujudkan pada kurikulum baru S2 Psikologi UNY Sains yang disusun berdasarkan fokus kajian Psikologi Positif. Mahasiswa yang menempuh studi dengan kurikulum baru akan dibekali dengan pengayaan kajian seputar Psikologi Positif, Intervensi Positif, dan melakukan penelitian dengan topik Psikologi Positif. Bersamaan dengan penerapan kurikulum baru, S2 Psikologi Sains UNY menggelar seri webinar bertajuk Isu Terkini dan Aplikasi Psikologi Positif.

Kajian Terbaru Psikologi Positif

Upaya membuka diskursus Psikologi Positif sengaja dilakukan melalui media daring mengingat situasi sedang berada di tengah normal baru pasca pendemi covid 19. Seri webinar yang dilaksanakan melalui media daring memungkinkan keterlibatan mahasiswa, peneliti, dan praktisi secara lebih luas serta dapat menjangkau ke seluruh Indonesia. Selama rentan waktu antara bulan Agustus hingga November 2020, seri webinar dilakukan setiap satu bulan sekali dengan dihadiri pembicara-pembicara expert Psikologi Positif. Pada seri pertama, acara webinar bertema Kajian Terbaru Psikologi Positif (Rabu, 5 Agustus 2020) dengan pembicara Dr. Nurlaila Effendy, M. Si (Ketua AsosiasiPsikologi Positif Indonesia) yang mengangkat judul Tren Kajian Psikologi Positif dan Aplikasinya. Hadir sebagai pembicara ke dua adalah dosen Psikologi UNY yaitu Adi Cilik Pierawan, Ph. D yang menyampaikan materi tentang Kesejahteraan Subjektif selama Pendemi Covid 19. Seri pertama ini menghadirkan Dr. Rita Eka Izzaty, M. Si (Dosen Psikologi UNY) selaku moderator yang memandu jalannya acara.

Peringatan Hari Olahraga Nasional: Harapan dan Psikologi Positif dalam Olahraga

Seri ke dua pada acara seri webinar bertajuk Isu-isu Psikologi Positif mengangkat tema Harapan dan Psikologi Positif dalam Olahraga. Pembahasan topik psikologi positif dalam dunia olahraga dilaksanakan bertepatan dengan hari olahraga yang jatuh pada Rabu, 9 September 2020 sebagai peringatan Hari Olahraga Nasional. Tema tersebut diulas oleh Yulia Ayriza, Ph. D selaku Koordinator Prodi S2 Psikologi Sains UNY dengan judul Harapan dan Prestasi Olahraga, dan hadir juga sebagai pembicara Dr. Dimyati, M. Si (dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dan S2 Psikologi Sains UNY) yang mengangkat judul Aplikasi Intervensi Psikologi Positif dalam Olahraga. Dalam seri ini menghadirkan Alumni S2 Psikologi UNY, Theresia Sri Hartarti, M. Psi (Kepala Sekolah Little Fingers School Yokyakarta/Trainer dan Terapis Rumah Hipnotis Indonesia) sebagai moderator berlangsungnya webinar.

Cinta dan Relasi Harmonis

Pada Jumat, 2 Oktober 2020 seri webinar bertajuk Isu-isu Psikologi Positif mengangkat tema Cinta dan Relasi Harmonis. S2 Psikologi Sains UNY membuka awal bulan Oktober 2020 dengan pembahasan tentang tema yang banyak diminati dan dinanti-nanti iaitu cinta, pembahasan tentang cinta seperti tidak ada habisnya dibicarakan selain menjadi kebutuhan dasar bagi hidup manusia juga relasi positif merupakan salah satu fondasi utama dalam pilar gerakan Psikologi Positif. Ugensi tema terkait cinta dan relasi harmonis menjadi semakin nyata mana kala secara faktual masyarakat tengah dihadapkan pada tantangan baru dari pendemi covid 19 yang berdampak bukan hanya secara kesehatan, namun juga pada fondasi dasar kehidupan keluarga dengan banyaknya temuan terkait meningkatnya angka kekerasan dalam rumah tangga dan perceraian.

Melalui tema Cinta dan Relasi Positif, S2 Psikologi Sains UNY akan mengulas sekaligus menerangkan aplikasi Psikologi Positif secara ilmiah bagi masyarakat untuk menghadapi tantangan relasi di tengah pendemi. Hadir sebagai pembicara Dr. Farida Harahap, M. Si (Kepala Laboratorium Prodi S1 Psikologi UNY) yang mengulas terkait cinta dengan judul materi “Ada apa dengan cinta?”. Sementara materi ke dua disampaikan oleh Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M. Si (Ketua Jurusan S1 Psikologi UNY) dengan judul Relasi Positif. Seri ke tiga ini, menghadirkan kembali alumni S2 Psikologi Sains UNY, Nurulsani S. Abd. Latief, M. Psi (Dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara) sebagai moderator yang memandu jalannya diskusi.

Kebahagiaan dan Emosi Positif dalam Bekerja

Tantangan dunia industri di era revolusi 4.0 mengalami peningkatan pesat terlebih sejak adanya pendemi covid 19 yang berdampak bukan hanya pada level perusahaan namun juga pada karyawan yang mengalami PHK dan menghadapi perubahan sistem organisasi secara cepat. Psikologi Positif tampil sebagai paradigma baru untuk berkontribusi pada kemajuan masyarakat industri, tidak hanya membantu mereka keluar dari masalah dan tantangan namun juga membantu mereka agar tumbuh secara optimal dengan meningkatkan potensi positif yang dimiliki. Relevan dengan hal tersebut, pada sesi ke empat diulas tentang tema kebahagiaan dan emosi positif dalam bekerja yang dilaksanakan pada Jumat, 6 November 2020. Menghadirkan Dr. Rosita Endang Kusmaryanti, M. Si (Sekretaris Pusat Karir UNY) selaku pembicara dengan judul Kebahagiaan Kerja, dan Dr. Kartika Nur Fathiyah, M. Si sebagai pembicara dengan judul Emosi Positif dan Stres Kerja. Sesi tersebut dipandu oleh Dr. Farida Agus Setiawati, M. Si (Sekjur S1 Psikologi UNY).

Seluruh rangkaian webinar series bertajuk Isu Terkini dan Aplikasi Psikologi Positif selama Agustus-November 2020 dapat diikuti melalui link pendaftaran https://bit.ly/pendaftaranOSS. Peserta akan memperoleh pengetahuan dan wawasan baru terkait Psikologi Positif, selain itu peserta juga akan memperoleh e-sertificat dan modul materi seminar.

 

(Samsul Ariski)