Menuju Akreditasi A Prodi S2 Psikologi UNY

Foto: suasana penyusunan borang standart 1-7 sebagai syarat reakreditasi

Pada pembukaan naskah akademik Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi, disebutkan bahwa akreditasi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terahadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dilakukan oleh asesor yang terdiri atas pakar dan ahli yang memahami hakikat pengelolaan institusi perguruan tinggi. Sejauh ini Prodi S2 Psikologi UNY sudah berhasil memeroleh akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan dari BAN-PT (lihat http://pps.uny.ac.id/peringkat-akreditasi). Dengan demikian menunjukkan bahwa Prodi S2 Psikologi UNY memiliki komitmen yang tinggi terhadap mutu dan kualitas penyelenggaraan program. Kerja keras dan komitmen tersebut membuahkan hasil yang maksimal serta dapat dilihat dari lulusan Prodi S2 Psikologi UNY pada saat ini mencakup kontribusi positif terhadap dunia pengembangan ilmu psikologi di Indonesia.

Pencapaian civitas Prodi S2 Psikologi UNY yang berhasil memeroleh akreditasi B menyulut semangat yang lebih tinggi untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas penyelenggaraan program. Reakreditasi kembali dilakukan dalam rangka proses evaluasi dan penilaian mutu dan kualitas tersebut. Proses reakreditasi berlangsung sejak bulan Januari 2020 yang diketuai langsung oleh Ketua Prodi S2 Psikologi UNY, Yulia Ayriza Ph.D. Tim reakreditasi terdiri dari para dosen dan mahasiswa S2 Psikologi yang bekerja sama dan saling bahu membahu untuk menyiapkan borang standart 1 sampai 7 sebagai syarat reakreditasi. Kerja sama antara dosen dan mahasiswa merupakan wujud keharmonisan yang selalu dijaga sejak S2 Psikologi UNY berdiri sampai sekarang.

Bersama Yulia Ayriza Ph.D (Ketua Prodi S2 Psikologi UNY), Dr. Siti Rohmah Nurhayati S.Psi, M.Si (Dosen dan Ketua Prodi S1 Psikologi UNY), jajaran dosen serta para mahasiswa, semua fokus dan berusaha untuk  kembali meningkatkan kualitas prodi S2 psikologi UNY kedepan. Harapan besar seluruh civitas prodi ialah bisa meraih poin akreditasi A.